Fahrur Riza, 150211078 (2022) Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X di SMKN 1 Darul Kamal. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FAHRUR RIZA_REVISI OKE - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FAHRUR RIZA_REVISI OKE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran yang masih terpaku di beberapa model pembelajaran seperti ceramah atau kombinasi dengan metode diskusi atau tanya jawab. Dengan sumber belajar yang masih berpusat pada buku dan guru saja, peserta didik merasa jenuh dan minat belajar peserta didik menjadi berkurang sehingga pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan guna meningkatkan minat belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan pre-eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 3 guru dan 10 peserta didik. Instrumen penelitian antara lain lembar angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Hasil data angket respon peserta didik terhadap model Problem Based Instruction (PBI) menunjukkan bahwa dari 10 responden, total skor 70,8% atau kategori tinggi. Sedangkan data respon guru, menunjukkan persentase respon 80,57% dikategorikan sangat setuju dan 19,43% pada kategori setuju. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika melalui penerapan model Problem Based Instruction (PBI) tergolong sangat tinggi. Selain itu, respon positif dari guru dan peserta didik membuktikan bahwa PBI mampu menarik minat peserta didik untuk belajar dan minat dalam kegiatan KBM khususnya pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Fahrur Riza |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 09:43 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 09:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45807 |