Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Every Circuit Wizard pada Praktikum Listrik Dinamis di SMA Negeri 2 Sigli

Muhammad Ikhsan, 180204090 (2023) Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Every Circuit Wizard pada Praktikum Listrik Dinamis di SMA Negeri 2 Sigli. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Aplikasi Every Circuit Wizard , Listrik Dinamis] Text (Aplikasi Every Circuit Wizard , Listrik Dinamis)
MUHAMMAD IKHSAN full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[thumbnail of Aplikasi Every Circuit Wizard , Listrik Dinamis] Text (Aplikasi Every Circuit Wizard , Listrik Dinamis)
MUHAMMAD IKHSANbab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di SMAN 2 Sigli dengan guru mata pelajaran fisika bahwa pembelajaran fisika masih diarahkan pada penguasaan konsep materi saja dan tidak diarahkan pada pengembangan keterampialan proses sains. Pada proses pembelajaran, peserta didik terlihat tidak memiliki minat yang besar dalam mengikuti pembelajaran fisika. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains adalah aplikasi circuit wizard. Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mengetahui apakah penggunaan aplikasi every circuit wizard dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik; dan (2) untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan aplikasi every circuit wizard dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Quasi Eksperimen, yang melibatkan kelas kontrol XII IA2 yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas eksperimen XII IA1 yang berjumlah 26 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi untuk aktivitas pembelajaran. Data hasil tes dianalisis dengan mengguanakan rumus uji-t dan data dari hasil respon peserta menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa yaitu 3,67 > 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi circuit wizard dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dibandingkan pembelajaran biasa. Aktivitas peserta didik kelas eksperimen dikategorikan sangat aktif pada komponen kegiatan pembelajaran dengan nilai rata-rata 82,11% dengan pembelajaran menggunakan aplikasi circuit wizard, sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran biasa dikategorikan aktif pada komponen kegiatan dengan nilai rata-rata 69%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Ikhsan
Date Deposited: 20 Jun 2025 03:48
Last Modified: 20 Jun 2025 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45863

Actions (login required)

View Item
View Item