Melda Hikmah, 231004010 (2025) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Qiyasiah dengan Peta Konsep Dalam Pembelajaran ‘Adad dan Ma’dud di Ma’had Darul Ihsan Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of TESIS MELDA HIKMAH FIXXXXX 1.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS MELDA HIKMAH FIXXXXX 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB) | Request a copy
![[thumbnail of Cover thesis -bab 1.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover thesis -bab 1.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Pesantren Darul Ihsan adalah salah satu lembaga pendidikan di Aceh yang fokus pada pengajaran bahasa Arab, baik dari segi nahwu, sharaf, ilmu-ilmu keagamaan, dan lainnya. Peneliti menemukan bahwa para siswi belum mampu membedakan antara bilangan mudzakkar yang sesuai dengan ma’dud-nya, begitu juga dalam penggunaan bilangan muannats. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya buku ajar khusus mengenai topik ‘adad dan ma’dud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan bahan ajar berbasis metode qiyasiah dengan peta konsep dalam pengajaran ‘adad dan ma’dud, mengetahui efektivitas pengembangan bahan ajar berbasis metode qiyasiah dengan peta konsep dalam pengajaran ‘adad dan ma’dud, serta mengetahui respon siswi terhadap bahan ajar berbasis metode qiyasiah dengan peta konsep dalam pengajaran ‘adad dan ma’dud. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Peneliti memilih model ADDIE yang dikembangkan oleh (Reiser) dan (Mollenda) untuk mengembangkan bahan ajar berbasis qiyasiah dengan peta konsep. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan yang berjumlah seratus sembilan puluh sembilan siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas 2 “E” yang terdiri dari dua puluh tujuh siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis metode qiyasiah dengan peta konsep di kalangan siswi di pesantren Darul Ihsan meliputi lima langkah: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Peneliti menganalisis masalah melalui observasi seperti yang telah disebutkan, kemudian mendesain buku pendamping bilangan dan ma’dud menggunakan aplikasi Canva, dan mengembangkan setelah berdiskusi dengan dua ahli. Hasil penilaian dua ahli adalah sangat baik dengan skor 86%. Peneliti menggunakan metode analisis data dengan uji “T” menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis metode qiyasiah dengan peta konsep efektif dengan nilai signifikansi (Sig) 0,000 dan respon siswi terhadap bahan ajar yang dikembangkan dalam pembelajaran ‘adad dan ma’dud berbasis metode qiyasiah dengan peta konsep sebesar 95%. Dengan demikian, buku yang dikembangkan sangat baik untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam pembelajaran ‘adad dan ma’dud.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Melda Hikmah |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 04:04 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 04:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45871 |