Lisna Yanti, 281223094 (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Praktikum pada Materi Protista di MAN 2 Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Lisna Yanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (158kB) | Preview
Abstract
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran Biologi di MAN 2 Pidie Jaya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran inquiry berbasis praktikum.Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Protista mirip jamurdengan menggunakan model pembelajaran inquiry berbasis praktikum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre exsperimental designdengan desain penelitian one group pre-test post-test design.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 2 Pidie Jaya yang berjumlah 66 siswa,sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 berjumlah 22 siswa.Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa tergolong sangat aktif yaitu 85,71%. Analisis hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (16,65>2,08) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaraninquiry berbasis praktikumpada materi Protista mirip jamur di MAN 2 Pidie Jaya berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M. Ed, st 2. Nurlia Zahara, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Inquiry,Praktikum, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lisna Yanti |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 04:25 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 04:25 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4593 |