Strategi Guru Qur’an Hadits dalam Tahsīn al-Qur’ān di MAN 3 Aceh Besar

Herida Yulia, 211323810 (2018) Strategi Guru Qur’an Hadits dalam Tahsīn al-Qur’ān di MAN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Tahsīn al-Qur’ān]
Preview
Text (Membahas tentang Tahsīn al-Qur’ān)
Herida Yulia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan taktik atau garis-garis besar haluan yang digunakan guru qur’ān hadīth dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Siswa di MAN 3 Aceh Besar dalam membaguskan bacaan al-Qur’ān membutuhkan strategi dari para guru qur’ān hadīth, agar para siswa mampu membaca al-Qur’ān dengan baik dan dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak siswa yang belum mencapai target. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru qur’ān hadīth dalam tahsīn al-Qur’ān siswa di MAN 3 Aceh Besar? (2) Apa kendala yang dihadapi guru qur’ān hadīth dalam tahsīn al-Qur’ān siswa di MAN 3 Aceh Besar?. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang diterapkan oleh guru qur’ān hadīth dalam membaguskan bacaan al-Qur’ān siswa ialah strategi sorogan dan klasikal, memberi motivasi, memberi pujian, dan memberi nilai. Akan tetapi guru qur’ān hadīth sangat jarang menggunakan media elektronik seperti laptop, mp3 dan lainnya dalam membaguskan bacaan al-Qur’ān. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru qur’ān hadīth ialah terbatasnya waktu yang tersedia, minimnya motivasi dari diri sendiri dan orang tua, serta ada siswa yang membutuhkan waktu panjang dalam proses membaguskan bacaan al-Qur’ān. Kendala-kendala tersebut dapat mempengaruhi proses memfasihkan bacaan al-Qur’ān. Oleh karena itu hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan berbagai strategi dapat mencapai keberhasilan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Juairiah Umar, M.Ag 2.Realita, S.Ag., MAg
Uncontrolled Keywords: Strategi, tahsīn al-Qur’ān
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Herida Yulia
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:20
Last Modified: 16 Aug 2018 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4624

Actions (login required)

View Item
View Item