Manajemen Tata Usaha di SMP Negeri 14 Banda Aceh.

Rahmati, 271324700 (2018) Manajemen Tata Usaha di SMP Negeri 14 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Manejemen Tata Usaha Sekolah]
Preview
Text (Membahas tentang Manejemen Tata Usaha Sekolah)
Rahmati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donel, Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.Tata usaha sekolah adalah kegiatan administrasi pendidikan yang mengelola pencatatan, pengumpulan, penyimpanan data, dan dokumen yang dapat dipergunakan untuk membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan, urusan surat menyurat serta laporan mengenai kegiatan sekolah tersebut. Dalam pelaksanaan manajemen tata usaha di SMP Negeri 14 Banda Aceh masih kurangnya perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam bidang manajemen tata usaha. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perencanaan yang dilaksanakan di SMP Negeri 14 banda Aceh, dan untuk mengetahui pelaksanaan yang dilaksanakan di SMP Negeri 14 Banda Aceh serta untuk mengetahui pengawasan yang dilaksanakan di SMP Negeri 14 Banda Aceh. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis-jenis instrumen yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian data tersebut dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha, satu orang staf tata usaha. Hasil penelitian dikemukakan bahwa pelaksanaan yang dilakuksan oleh tata usaha di SMP Negeri 14 Banda Aceh ini ialah sepenuhnya dilakukan oleh tata usaha namun juga di awasi serta dibantu oleh kepala sekolah dan kepala tata usaha sekolah. Adapun perencanaan program-program sekolah telah dilakukan dengan baik dan melakukan kerjasama sesama tim operator TU bukan hanya itu saja kepala sekolah juga turut serta membantu perencanaan yang dibuat dengan cara memberikan saran yang membangun serta menerapkan kedisiplinan kerja terhadap operator TU. Adapun pelaksanaan dalam mejalankan program-program sekolah staf TU saling berkontribusi antara satu dengan yang lainnya, kepala sekolah juga turut memberikan andil dalam menjalankan pelaskanaan program sekolah, kepala sekolah memberikan penilaian terhadap kinerja staf TU sejauh ini menunjukkan bahwa kinerja dari staf TU perlu ditingkatkan lagi hasil kerja yang diberikan oleh operator TU dalam pelaksanaan program sekolah cukup baik.Adapun pengasawan dalam melakukan pengawasan kinerja pertama menetukan standar kinerja sehingga ketika melakukan pengawasan dapat mengukur seberapa bagus staf TU dalam bekerja dan melihat dari kedisiplinan dari hasil kerja yang diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Yusri M.Daud, M.Pd 2. Dr. Basidin Mizal, MA
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Tata Usaha
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.2 Tata Usaha Sekolah, Putus Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rahmati -
Date Deposited: 14 Sep 2018 05:50
Last Modified: 29 Sep 2018 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4651

Actions (login required)

View Item
View Item