Analisis Pengembangan Koleksi Berkebutuhan Khusus dan Kaitannya dengan Proses Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) Se-Kota Banda Aceh

Aulia Saputra, 531202899 (2018) Analisis Pengembangan Koleksi Berkebutuhan Khusus dan Kaitannya dengan Proses Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) Se-Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Koleksi Berkebutuhan Khusus]
Preview
Text (Membahas tentang Koleksi Berkebutuhan Khusus)
Aulia Saputra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Koleksi Berkebutuhan Khusus]
Preview
Text (Membahas tentang Koleksi Berkebutuhan Khusus)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Pengembangan Koleksi Berkebutuhan Khusus dan Kaitannya dengan Proses Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Kota Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis Pengembangan koleksi Berkebutuhan Khusus di Sekolah SMALB BUKESRA dan SMALBS-B YPAC Banda Aceh dan untuk mengetahui kaitannya pengembangan koleksi tersebut dalam mendukung proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah Staf Perpustakaan, Guru dan Kepala sekolah di SMALB BUKESRA dan SMALB-B YPAC Banda Aceh. Hasil penelitian yang penulis lakukan di kedua perpustakaan SMALB BUKESRA dan SMALB-B YPAC menunjukkan bahwa pengembangan koleksi berkebutuhan khusus belum sepenuhnya dilakukan oleh kedua perpustakaan tersebut, sehingga mempengaruhi proses pembelajaran siswa. Hanya saja untuk pengembangan koleksi di SMALB BUKESRA sudah cukup baik dibandingkan dengan SMALB-B YPAC, dengan melakukan analisis kebutuhan informasi/sumber belajar bagi siswa/inya dan membeli beberapa koleksi yang dibutuhkan oleh guru sebagai sumber mengajar. Kendala yang dihadapi kedua perpustakaan dalam mengembangkan koleksi masih terkendala dari faktor susahnya menemukan koleksi berkebutuhan khusus di Banda Aceh. Faktor kurang mendukungnya proses pembelajaran kedua sekolah tersebut dikarenakan kurikulum yang ditetapkan sering berubah-ubah, oleh sebab itu koleksi yang ada di perpustakaan harus lebih ditingkatkan setiap tahunnya sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Nurhayati Ali Hasan, M.LIS 2. Drs. Saifuddin A. Rasyid, M.LIS
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Koleksi, Pembelajaran, Sekolah Luar Biasa (SLB)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.8 Pemeliharaan dan Preservasi Koleksi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Aulia Saputra
Date Deposited: 28 Sep 2018 04:01
Last Modified: 02 Oct 2018 06:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item
View Item