Zahratul Islami, 201223435 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III MIN 1 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Zahratul Islami.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (422kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III MIN 1 Kota Banda Aceh. Model CIRC merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap anggota 4 sampai 5 orang siswa secara heterogen. Diawali dengan pemberian kliping pada siswa, lalu guru memberikan wacana atau kliping sesuai dengan topik pembelajaran, kemudian peserta didik bekerja sama saling membaca dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana atau kliping dan ditulis dalam selembar kertas serta mempresentasikan atau membacakan hasil kelompok dan diakhiri dengan pengambilan kesimpulan secara bersama (guru dan siswa). Hal itu dilakukan untuk mengaktifkan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Adapun tujuan skripsi ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC, Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC, dan Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIN 1 Banda Aceh yang berjumlah 41 siswa. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu observasi guru, observasi siswa dan tes. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa observasi aktivitas guru pada siklus I mendapat nilai rata-rata 4,09 dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 4,81 Pada kategori sangat baik. Selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 3,3 kategori cukup. Dan siklus II meningkat 4,4 kategori baik. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus I mendapat nilai rata-rata 59,51 dan pada siklus II mendapat nilai 79,75 dan telah mencapai angka KKM. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC sangat cocok digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIN 1 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Yuni Setia Ningsih, M.Ag 2.Rafidhah Hanum, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CIRC, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Zahratul Islami |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 04:22 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 04:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4893 |