Thaibah, 140401128 (2018) Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Akmal Ibrahim pada Pilkada Kabupaten Aceh Barat Daya 2017. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.
Thaibah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul: “Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Akmal Ibrahim Pada Pilkada Kabupaten Aceh Barat Daya 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik pemenangan Pilkada Kabupaten Aceh Barat Daya 2017 dan untuk mengetahui peluang dan tantangan Tim pemenangan Pilkada Kabupaten Aceh Barat Daya 2017. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi Di Kabupaten Aceh barat Daya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilakukan dalam bentuk empat tahapan aksi; pertama, mendengar; kedua, mengajak; ketiga, bicara; dan keempat, menang. Keempat tahapan aksi ini diterapkan pada tahun pemenangan pilkada menjelang pilkada 2017.Dalam menjalankan empat tahapan aksi pemenangan pemilukda tersebut, tim pemenangan pasangan Akmal Ibrahim, SH dan Muslizar MT menggunakan strategi komunikasi politik dengan pendekatan komunikasi interpersonal, komunikasi publik, dan komunikasi massa. Peran media pada pemilukada legislatif 2017 sangatlah penting, sehingga hampir semua calon menggunakannya. Bentuk-bentuk komunikasi politik dalam media massa ini bisa berupa iklan, press release, dan dialog interaktif. Sesuai dengan teori model Lasswell: Pembicara – pesan – media – pendengar – pengaruh. Sedangkan Peluang dan tantangan yang dihadapi tim pemenangan dalam menjalankan strategi komunikasi politik Pilkada Kabupaten Aceh Barat Daya 2017, Peluang bagi tim Akmal Ibrahim adalah terus menciptakan rasa sosial dan melakukan komunikasi dengan baik supaya proses pelaksanaan program kedepan lebih baik lagi, masyarakat juga sangat menerima kedatangan tim juga merespon dengan baik komunikasi politik yang tim lakukan. Selain itu peluangnya adalah banyaknya program Bapak Akmal Ibrahim pada periode 2007-2012 yang lebih kepada pro rakyat petani sehingga sangat mudah mempromosikan kepada petani, apalagi mayoritas masyarakat Aceh Barat Daya adalah berkerja sebagai petani. Program yang dicetuskanlan dalam visi dan misinya dalam periode ini pun juga sangat memperhatikan masyarakat petani, sehingga sangat masuk akan untuk menjelaskan programnya.
Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Politik, Pilkada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Drs Yusri, M.Lis 2.Fairus, S.Ag., MA |
Uncontrolled Keywords: | Curriculum, KTSP, K13 |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Thaibah tray tray |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 04:10 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 04:10 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4910 |