Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya

Maslina. S, 140208079 (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Maslina. S.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (783kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada materi ikatan kimia, sedangkan KKM yang telah ditetapkan yaitu 73. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran pada materi yang dibelajarkan kepada siswa. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping dan tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Rancangan penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pemberian soal pretest dan postest. Dari hasil penelitian bahwa perolehan persentase rata-rata nilai n-gain pada kelas eksperimen 71,36% kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol 53,96% kategori sedang, dan hasil uji independent sample t-test diperoleh signifikan 0,001 < 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping efektif digunakan di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, dibuktikan dari perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nurbayani, MA 2. Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran inkuiri, mind mapping, hasil belajar, ikatan kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maslina. S
Date Deposited: 27 Sep 2018 04:36
Last Modified: 27 Sep 2018 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5028

Actions (login required)

View Item
View Item