Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 1 Calang

Rafi Mariska, 140208024 (2018) Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 1 Calang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Macromedia Flash]
Preview
Text (Membahas tentang Macromedia Flash)
Rafi Mariska.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Macromedia Flash]
Preview
Text (Membahas tentang Macromedia Flash)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (662kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Calang pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ternyata siswa masih sulit memahami materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan baik, di mana siswa tidak mengerti bagaimana proses ion-ion bergerak bebas dan dapat menghantarkan arus listrik. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini bagaimana keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 1 Calang? Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperiment pre test and post test control group. Data dikumpulkan melalui tes, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t independen. Hasil penelitian membuktikan bahwa siswa pada kelas kontrol masih kesulitan dalam menjawab beberapa soal terutama pada indikator menjelaskan senyawa ion dan senyawa kovalen dan indikator menganalisis penyebab daya hantar arus listrik pada larutan elektrolit. Sesuai dengan hasil penelitian didapatkan bahwa thitung 5,83 > ttabel 3,582 untuk taraf signifikan 95% dan α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah terdapat perbedaan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Calang dengan menerapkan media pembelajaran berbasis macromedia flash daripada tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Saifullah, M.Ag 2. Mukhlis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Rafi Mariska
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:27
Last Modified: 28 Sep 2018 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5059

Actions (login required)

View Item
View Item