Pengaruh Metode Pembelajaran Gallery Walk Melalui Media Gambar Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh

Deri Puspita Sari, 281223146 (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Gallery Walk Melalui Media Gambar Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Belajar)
DERI PUSPITA SARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran biologi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan metode belajar dan media dalam pembelajaran. Mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan media yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran gallery walk melalui media gambar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan metode pembelajaran gallery walk melalui media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalahpenelitianquasi-eksperimen. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes, kemudian data dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik uji-t untuk hasil belajar dan rumus persentase untuk aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran gallery walk melalui media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kondisi tersebut terlihat dari nilai statistik uji-t yaitu thitung> ttabel(4.26>1.68), dengan aktivitas siswa yang tergolong baik diperoleh nilai 68,73%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran gallery walk melalui media gambar berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswapada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Lina Rahmawati, M.Si; NIP. 197505271997032003 2. Samsul Kamal, M.Pd; NIP. 198005162011011007
Uncontrolled Keywords: Metode gallery walk, media gambar,aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: deri puspita sari
Date Deposited: 05 Sep 2017 09:25
Last Modified: 05 Sep 2017 09:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item
View Item