Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini di RA Takrimah Tungkob Aceh Besar.

Ayu Putri Sanura, 140210076 (2018) Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini di RA Takrimah Tungkob Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Motede Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Motede Pembelajaran)
Ayu Putri Sanura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Motede Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Motede Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (988kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya mengembangkan kemampuan berbahasa anak adalah dengan kegiatan bercerita. Dengan kegiatan bercerita banyak hal yang dapat diajarkan kepada anak seperti mengembangkan kemampuan berbicara, menanamkan pendidikan karakter, dan memotivasi anak untuk aktif dalam kegiatan belajar. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah kartu bergambar, yaitu media yang dirancang oleh guru secara sederhana guna membantu siswa dalam kegiatan bercerita. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta pengembangan kemampuan bercerita anak menggunakan media kartu bergambar pada anak usia 5 - 6 tahun. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 15 orang anak, yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 siklus tindakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Adapun hasil penelitian pada siklus I observasi kemampuan guru mendapat nilai rata-rata 2,75 dan dikategori “Baik”, selanjutnya pada siklus II kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yaitu 3, dan juga termasuk dalam kategori penilaian “Baik”. Untuk hasil peningkatan pengembangan kemampuan bercerita siklus I didapatkan hasil yaitu tingkat keberhasilan adalah 60%. Serta pengembangan kemampuan bercerita pada siklus II mendapat peningkatan mencapai kriteria keberhasilan yaitu 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penggunaan media kartu bergambar dapat mengembangkan kemampuan bercerita anak usia dini di RA Takrimah Tungkob Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Heliati Fajriah, S. Ag, MA 2. Herawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Bergambar, Kemampuan Bercerita
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ayu Putri Sanura
Date Deposited: 03 Oct 2018 05:34
Last Modified: 03 Oct 2018 05:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5231

Actions (login required)

View Item
View Item