Pengelolaan Kelas dalam Proses Belajar Mengajar di SMPN 1 Samadua, Aceh Selatan

Yesi Ulfia Liza, 271324752 (2018) Pengelolaan Kelas dalam Proses Belajar Mengajar di SMPN 1 Samadua, Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengelolaan Kelas]
Preview
Text (Membahas tentang Pengelolaan Kelas)
Yesi Ulfia Liza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengelolaan Kelas]
Preview
Text (Membahas tentang Pengelolaan Kelas)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (398kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan salah satu faktor penting dalam proses belajar mengajar di sekolah, adapun tujuannyaagar pembelajaran dapat tercapai dan terlaksana dengan baik. Kepala sekolah dan guru berperan aktif dalam mengawasi dan menjalankan pengelolaan kelas yang efektif dan efisien di SMPN 1 Samadua. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kelas yang efektif dalam proses belajar-mengajar di SMPN 1 Samadua, untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam pengelolaan kelas di SMPN 1 Samadua dan untuk mengetahui bagaimana solusi dalam menghadapi kesulitan pada pengelolaan kelas di SMPN 1 Samadua.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian 3 orang guru dan 1 kepala sekolah, kemudian data tersebut dianalisis melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa kepala sekolah dan guru sudah berperan aktif dalam menjalankan tanggungjawabnya pada kegiatan pengelolaan kelas yang efektif bagi siswa, namun ada kesulitan lain yang dialami guru yaitu kesulitan yang cenderung muncul dari pihak siswa seperti: perbedaan karakter siswa, beberapa siswa yang kurang minat belajar, adanya siswa yang membuat keributan di kelas dan mengganggu jalannya proses pembelajaran, serta tingkat kecerdasan siswa yang berbeda sehingga membuat guru harus mengulang materi yang disampaikan hingga beberapa kali

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Jamaliah Hasballah, M. A 2. Dra. Cut Nya Dhin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Proses Belajar-Mengajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yesi Ulfia Liza
Date Deposited: 03 Oct 2018 05:30
Last Modified: 03 Oct 2018 05:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5233

Actions (login required)

View Item
View Item