Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media PhET dan Molymod pada Materi Ikatan di SMA Negeri 1 Ingin Jaya

Liana Mardiyah, 140208112 (2018) Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media PhET dan Molymod pada Materi Ikatan di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Liana Mardiyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (819kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia dipengaruhi oleh banyak faktor baik secara internal maupun eksternal. Salah satu faktor tersebut adalah kecenderungan guru lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan siswa. Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, hal ini disebabkan karena belum memadainya media pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Akibatnya siswa pasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Rendahnya hasil belajar kimia khususnya pada materi ikatan kimia disebabkan karena materi ikatan kimia dianggap sulit oleh siswa sebab konsep materi tersebut bersifat abstrak. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media PhET dan molymod pada materi ikatan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media PhET dan molymod pada materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berupa quasi-eksperiment dengan desain pretest-postest control group design. Adapun teknik pengambilan sampelnya dengan cara purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA1 dan kelas X MIA2 SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Berdasarkan perolehan data hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan uji N-gain dan uji t diperoleh bahwa tidak adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media PhET dan molymod pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Ingin Jaya dengan perolehan nilai significance (2-tailed) adalah 0,653>0,05, dan hasil analisis N-gain diperoleh nilai rata-rata N-gain 0,69 yakni termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nurbayani, S. Ag. MA. 2. Safrijal, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, PhET, Molymod, Hasil Belajar, Ikatan Kimia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Liana Mardiyah
Date Deposited: 05 Oct 2018 01:59
Last Modified: 05 Oct 2018 02:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item
TOP