Program Bimbingan Konseling Pribadi Sosial Berdasarkan Karakteristik Siswa Terisolir di MTsN 2 Banda Aceh

Asriyana, 271222972 (2018) Program Bimbingan Konseling Pribadi Sosial Berdasarkan Karakteristik Siswa Terisolir di MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Karakter Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Karakter Siswa)
Asriyana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Karakter Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Karakter Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (905kB) | Preview

Abstract

Program bimbingan konseling pribadi sosial merupakan suatu rangkaian kegiatan yang sudah di rencanakan terlebih dahulu selama satu periode atau satu semester sebagai upaya untuk membantu individu menghadapi keadaan batinnya sendiri dan membantu individu dalam membina hubungan sosial di berbagai lingkungan (pergaulan sosial). Karakter siswa terisolir memiliki hubungan sosial yang sangat kurang atau sangat dangkal karena diasingkan oleh teman-teman sebayanya, seperti: bersifat minder, tidak rapi, tidak aktif, senang menyendiri. Masalah yang terjadi di MTsN 2 Banda Aceh bahwasa nya siswa merasa tidak diterima oleh teman sebayanya dan dihindari oleh teman-teman dilingkungan rumahnya, diwaktu jam istirahat siswa tersebut hanya duduk termenung di kelas atau ditaman, dan di saat berbicara maka teman yang lain tidak merespon ucapannya malah teman mengejek dirinya, karena malas dan status keluarganya yang miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program Bimbingan Konseling pribadi sosial siswa yang terisolir di MTsN 2 Banda Aceh, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Bimbingan Konseling pribadi sosial siswa yang terisolir di MTsN 2 Banda Aceh, serta untuk mengetahui hambatan program Bimbingan Konseling pribadi sosial berdasarkan karakteristik siswa terisolir di MTsN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bersifat kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah: satu orang guru Bimbingan Konseling, dan lima orang siswa MTsN 2 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Bimbingan Konseling pribadi sosial siswa terisolir sudah disusun terlebih dahulu sesuai dengan yang sudah direncanakan dengan tujuan agar tidak ada lagi siswa yang terisolir atau kurang diterima oleh teman-temannya. Pelaksanaan program Bimbingan Konseling sudah terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan atau yang diperlukan siswa dalam mengatasi masalah pribadi sosialnya. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru Bimbingan Konseling tidak adanya jam khusus bagi guru Bimbingan Konseling khususnya Bimbingan Konseling Pribadi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs.HasbiWahy, M.Pd; 2. Nurussalami, S.Ag,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Program BK Pribadi Sosial, Karakteritik Siswa Terisolir
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asriyana Yana
Date Deposited: 04 Oct 2018 05:42
Last Modified: 04 Oct 2018 05:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5263

Actions (login required)

View Item
View Item