Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Izar Wiyandi, 251222789 (2018) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Izar Wiyandi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (550kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi didapatkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran fisika sangat rendah. Peserta didik menganggap bahwa pelajaran fisika adalah pelajaran yang sulit dan susah dimengerti. Peserta didik kurang semangat, bosan dan kurang berperan ketika belajar, khususnya pada materi usaha dan energi. Proses pembelajaran yang terjadi tersebut membuat siswa menjadi lebih dominan hanya menerima apa yang diajari guru. Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Metode Eksperimen dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Darul Ihsan Aceh Besar sebanyak empat kelas yaitu kelas XI (5A), XI(5B), XI(5C) dan XI(5D). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI (5C) yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA (5D) yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kotrol untuk melakukan penelitian. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi eksperimen, dengan Pre test Post test Control Group Design. Sesuai dengan hasil penelitian didapatkan bahwa yaitu 12,41 > 1,67, maka dapat dinayatakan bahwa Ha diterima artinya adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Khairiah Syahabuddin MHSc.ESL.,M.TESOL, Ph.D 2. Rusydi ST.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar Siswa, Materi Usaha dan Energi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Izar Wiyandi
Date Deposited: 04 Oct 2018 05:11
Last Modified: 04 Oct 2018 05:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5267

Actions (login required)

View Item
View Item