Pendidikan Sains Islami dan Pembentukan Karakter Bangsa

Mujiburrahman, 2008097102 (2017) Pendidikan Sains Islami dan Pembentukan Karakter Bangsa. In: Seminar Nasional Biotik 2017, 3 May 2017, Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan Sains Islami dan Pembentukan Karakter Bangsa]
Preview
Text (Pendidikan Sains Islami dan Pembentukan Karakter Bangsa)
10. Prosiding Biotik 2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (168kB) | Preview

Abstract

Inventarisasi Mencermati perkembangan sains dan teknologi di tengah masyarakat global kekinian yang sangat pesat dan tidak dapat dibendung. Keduanya --sains dan teknologi-- bergerak secara linier dan sangat cepat mengikuti perkembangan dinamika dan kompleksitas kebutuhan serta perkembangan peradaban masyarakat postmodern. Eksistensi sains dan teknologi tersebut dalam tinjauan Islam mesti dipelajari dan disikapi secara tepat dan bijaksana dengan berasaskan kepada nilai-nilai ketauhidan, kemanusian, dan kealaman, sehingga kehadiranya dapat memberi nilai kebaikan kepada sainstis itu sendiri serta kemaslahatan bagi seluruh masyarakat dunia serta alam lingkungannya. Bukan sebaliknya, berupa kajian dan pengembangan sains dan teknologi yang bebas nilai religious, hanya mengedepankan “paradigma ilmu untuk ilmu†sehingga menghasilkan saintis yang sekuler dan tidak berkarakter, serta memberi dampak yang tidak baik terhadap perkembangan dan pencerahan peradaban manusia serta lingkunganya. Pendidikan sains islam merupakan salah satu media yang sistematis dan efektif untuk membangun dan memperkuat karakter bangsa (character building). Seseorang baru bisa disebut orang yang berkarakter (a person of character) apabila tingkah lakunya sesuai dengan kaidah moral. Hal ini memungkinkan dilakukan dan bukan isapan jempol semata, mengingat salah satu fungsi pendidikan adalah membentuk watak dan karakter bangsa serta mengembangkan kemampuan yang dimiliki setiap warganya dalam rangka mencerdaskan bangsa. Konsekuensi logis ini, maka seyogyanya paradigma dan konsep pendidikan sains islami yang dikembangkan di Indonesia mesti berasas kepada nilai-nilai ajaran Islam yang bermuara pada ketauhidan dan rahmatan lilalamin serta nilai-nilai budaya dan kearifan lokal keindonesian, demi melahirkan generasi bangsa yang beragama, berkarakter dan berbudaya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pendidikan; sains islami; karakter bangsa
Subjects: 900 Geography and History > 907 Pendidikan, Penelitian, Topik yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Mujiburrahman Adnan
Date Deposited: 17 Oct 2018 05:09
Last Modified: 17 Oct 2018 05:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5523

Actions (login required)

View Item
View Item