Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh pada Konsep Suhu

Nurmasyitah, 251121374 (2017) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh pada Konsep Suhu. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Eksperimen]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Eksperimen)
Nurmasyitah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Eksperimen]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Eksperimen)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (830kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Inshafuddin Banda Aceh, secara umum proses belajar mengajar masih berpusat pada guru dan jarangnya melakukan eksperimen atau menggunakan LKS sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, bagaimana respon siswa dan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran fisika pada konsep suhu dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan pretest-posttest yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini tidak secara acak, tetapi berdasarkan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh sebesar 82,4 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 53,2. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil pengolahan data ternyata thitung > ttabel yaitu 31,79 > 1,67 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode eksperimen lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan metode eksperimen. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode eksperimen mendapatkan respon sangat baik, hal ini dapat dilihat dari siswa yang menjawab setuju 86% terhadap pernyataan angket. Pada aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan metode Eksperimen dengan persentase 90,44% tergolong sangat baik dan aktivitasi siswa dengan persentase rata-rata 96,71% tergolong sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Muliadi, M. Ag; 2. Fitriyawani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Eksperimen, Hasil Belajar Siswa, Konsep Suhu
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurmasyitah Hasan
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:43
Last Modified: 18 Oct 2018 06:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5550

Actions (login required)

View Item
View Item