Upaya Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Fiqh di MAN 3 Rukoh Banda Aceh

Marniati, 210716602 (2014) Upaya Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Fiqh di MAN 3 Rukoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Fiqh]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Fiqh)
Marniati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media merupakan alat bantu yang dapat menjadikan proses belajar mengajar berjalan dengan lancar (efektif). Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas penggunaan media pendidikan pada pembelajaran fiqih dalam materi Tajhiz Mayyit di MAN 3
Rukoh. Untuk mengetahui penyediaan dan penggunaan media pendidikan pada pembelajaran fiqih dalam materi Tajhiz Mayyit. Penggunaan media dengan materi pelajaran, serta hasil prestasi belajar siswa setelah adanya penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu penulis ingin meneliti tentang keefektifan penggunaan media pada pembelajaran Fiqih dalam materi Tajhiz Mayyit. Penulis mengambil tempat penelitian di MAN Negeri 3 Rukoh karena setelah penulis melakukan riset awal bahwa di MAN Negeri 3 Rukoh merupakan sekolah yang sarana dan prasarana mendukung bagi kegiatan proses belajar mengajar sangatlah minim. Adapun masalah-masalah yang diteliti adalah keefektifan penggunaan media pendidikan pada pembelajaran fiqih dalam materi Tajhiz Mayyit di MAN Negeri 3 Rukoh, penyediaan dan penggunaan media pendidikan dalam materi Tajhiz Mayyit, serta faktor yang menjadi kendala guru dalam penggunaan media serta faktor yang mendukung upaya- upaya yang dilakukan untuk mengefektifkan penggunaan media di MAN Negeri 3
Rukoh. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru fiqih dan siswa kelas x sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui proses belajar mengajar di kelas. Metode yang digunakan dalam pengambilan data ini adalah metode observasi partisipasi, metode angket, sedangkan untuk menganalisis data adalah menggunakan diskriptif analisis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Metode Analisis Diskriptif yaitu metode yang menggambarkan suatu masalah yang sedang terjadi pada suatu tempat dengan cara mengumpulkan dan menganalisa data secara objektif. Untuk mendukung metode ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian dilapangan penulis menemukan bahwa pada MAN Negeri 3 Rukoh guru dalam pelaksanaan belajar mengajar materi Tajhiz Mayyit dengan penggunaan media pembelajaran berhasil dengan cukup baik, dengan indikasi siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran, lebih aktif, lebih mudah paham, termotivasi, anak tidak merasa jenuh serta meningkatkan prestasi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. H. Muhibbuthabary, M. Ag 2.Hazrullah, S. Pd. I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Guru, Fiqh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marniati Habil
Date Deposited: 02 Nov 2018 01:58
Last Modified: 02 Nov 2018 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5707

Actions (login required)

View Item
View Item