Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual melalui Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X SMA Negeri 1 Kluet Tengah

Wahyu Mulyanto, 291223297 (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual melalui Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X SMA Negeri 1 Kluet Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Wahyu Mulyanto.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi reaksi redoks merupakan materi yang sulit untuk dipahami oleh siswa karena berkaitan dengan pemahaman konsep dasar reaksi redoks sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan data hasil belajar siswa SMAN 1 Kluet Tengah masih berada dibawah KKM yaitu 65, Untuk mengatasi masalah tersebut menggunakkan strategi pembelajaran melalui media animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kontekstual melalui media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks dan untuk mengetahui respon siswa terhadap strategi pembelajaran kontekstual melalui media animasi pada materi reaksi redoks. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dan teknik pengambilan sampel pourposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA1 SMAN 1 Kluet Tengah. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen untuk melihat hasil belajar siswa, yaitu satu kelas eksperimen yang diberikan stimulus kemudian diukur hasil belajar tanpa ada kelas pembanding. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal dan 10 pertanyaan angket. Data hasil tes belajar siswa dianalisis menggunakan uji t, dengan derajat kebebasan df = n - k = 32 – 2 yaitu 30 dan taraf kepercayaan 0,05 diperoleh ttabel = 2,042. Hasil perhitungan diperoleh 0,2869 maka thitung < ttabel atau 0,2869 < 2,042. Dengan demikian H0 ditolak dan terjadi penerimaan Ha. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari strategi pembelajaran kontekstual melalui media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks kelas X SMAN 1 Kluet Tengah. Sedangkan hasil respon siswa diperoleh presentase sebesar 90,65%, sehingga dikatakan bahwa pembelajaran kontekstual melalui media animasi menarik bagi siswa dalam menjalankan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Amna Emda, M.Pd; 2. Mutia Farida, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Media Animasi, Reaksi Redoks, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Wahyuu Mulyantoo
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:44
Last Modified: 05 Nov 2018 10:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5737

Actions (login required)

View Item View Item
TOP