Penerapan Model van Hiele untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Tabung di Kelas IX SMP Negeri 1 Meureudu

Ismatul Husna, 261020709 (2016) Penerapan Model van Hiele untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Tabung di Kelas IX SMP Negeri 1 Meureudu. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model van Hiele yang merupakan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa yang mengacu pada suatu model mengenai proses perkembangan berpikir yang dilalui siswa dalam mempelajari geometri)
Ismatul Husna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang, khususnya tabung. Hal tersebut disebabkan oleh guru yang sering menyampaikan materi saja dan jarang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali pemahaman sendiri tarhadap materi yang dipelajari, serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi prasyarat seperti luas dan keliling bidang datar. Salah satu model yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah model van Hiele. Model van Hiele adalah suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa yang mengacu pada suatu model mengenai proses perkembangan berpikir yang dilalui siswa dalam mempelajari geometri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model van Hiele lebih baik dari hasil belajar siswa tanpa menggunakan model van Hiele pada materi tabung di kelas IX SMP Negeri 1 Meureudu (2) Apakah dengan diterapkan model van Hiele akan meningkatkan pemahaman siswa pada materi tabung di kelas IX SMP Negeri 1 Meureudu. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX-A berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-B berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa observasi aktivitas guru, observasi aktivitas kegiatan siswa, respon siswa, dan tes dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model van Hiele dengan skor rata-rata yang diperoleh guru dari setiap RPP adalah 3,8 dengan demikian Tingkat Kemampuan Guru (TKG) dikategorikan baik. Waktu aktivitas siswa untuk masing-masing kategori pada RPP adalah efektif dan respon siswa terhadap pembelajaran model van Hiele adalah 3,28 hal ini dikategorikan sangat positif. Berdasarkan hipotesis (1) pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, berdasarkan penelitian diperoleh t_(hitung )>t_tabel yaitu 2,05>1,68 sehingga H_a yang berbunyi “hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Meureudu yang diajarkan dengan model van Hiele lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional” diterima (2) untuk hipotesis kedua menggunakan uji pihak kiri, berdasarkan penelitian diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,29>1,71 yaitu H_o yang berbunyi “penerapan model van Hiele pada materi tabung dapat meningkatkan pemahaman siswa SMP Negeri 1 Meureudu” diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Meureudu yang diajarkan dengan model van Hiele lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dan, (2) penerapan model van Hiele dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi tabung di kelas IX SMP Negeri 1 Meureudu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Ikhsan, M.Pd; NIP. 19640722 198903 1 002; 2. Kamarullah, S.Ag., M.Pd; NIP. 19760622 200012 1 002
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Model van Hiele, Materi Tabung
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 269 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 02:38
Last Modified: 06 Sep 2017 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item
TOP