Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Prisma di Kelas VIII SMPN 8 Banda Aceh

Isra Mirja, 261 121 428 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Prisma di Kelas VIII SMPN 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning  pada materi prisma]
Preview
Text (Membahas tentang hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning pada materi prisma)
Isra Mirja.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Selama ini anggapan para siswa, matematika merupakan pelajaran yang sukar. Hal ini disebabkan karena dalam penyajian materi, guru masih kurang bervariasi dalam menerapkan model pembelajaran dan kurangnya keterampilan. Akibatnya siswa dalam proses pembelajaran hanya menghafal tanpa memahami makna dari apa yang telah di pelajarinya. Salah satu pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa melalui model pembelajaran discovery learning. Dalam proses pembelajaran discovery learning siswa dapat belajar secara aktif, dan melatih siswa dalam mengingat materi yang sudah di pelajarinya. Sedangkan guru berperan sebagai pembimbing. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning pada materi prisma. Metode penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII¬6 SMP Negeri 8 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Sedangkan pengolahan data menggunakan persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan secara individual (≥75) dan secara klasikal (90%) dinyatakan tuntas. Hal ini berdasarkan hasil pengolahan data yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh “Tolak H_0 jika t_hitung≥t_tabel, Karena t_hitung=3,55 dan t_((0,95) )=1,73, sehingga t_hitung≥t_((1-∝)) 3,55 > 1,73 maka H_0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran discovery learning dapat mencapai ketuntasan, (KKM=75) pada materi prisma kelas VIII SMPN 8 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. M. Yacoeb, M. Pd; NIP. 195312311985031008; 2. Ade Irfan, S.Pd.I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Materi Prisma
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 269 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 03:09
Last Modified: 06 Sep 2017 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item
View Item