Pembelajaran Materi Tabung dengan Model Learning Cycle pada Siswa Kelas IX MTSN Model Banda Aceh

Muhammad Yunus, 260 616 214 (2013) Pembelajaran Materi Tabung dengan Model Learning Cycle pada Siswa Kelas IX MTSN Model Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model “Learning Cycle” pada materi tabung pada siswa kelas IX MTsN Model Banda Aceh)
Muhammad Yunus.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Matematika sebagai salah satu disiplin ilmu tidak terlepas kaitannya dengan pendidikan terutama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memegang peranan penting, hal ini menyebabkan banyaknya persepsi siswa terhadap matematika, persepsi yang sangat fenomenal adalah matematika merupakan bidang studi yang sukar dipahami dan kurang disukai oleh siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu banyak upaya yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk memotivasi belajar siswa sehingga siswa belajar secara aktif dan efesien, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran model Learning Cycle. Model Learning Cycle mempunyai lima tahapan pembelajaran yaitu (1) pembangkitan minat (2) ekplorasi (3) penjelasan (4) elaborsi (5) evaluasi. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukanlah penelitian yang berjudul “Pembelajaran Materi Tabung dengan Model Learning Cycle pada Siswa Kelas IX MTsN Model Banda Aceh”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model “Learning Cycle” pada materi tabung pada siswa kelas IX MTsN Model Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsN Model Banda Aceh tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas IX7 sebagai kelas kontrol dan IX10 sebagai kelas ekperimen. Metode yang penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan pengolahan data yang dianalisis secara statistik yaitu dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05, derajat kebebasan (dk) = 66 diperoleh thitung = 4,45 dan ttabel = 2,0003 hal ini berarti bahwa thitung > ttabel yaitu 4,45 > 2,0003, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Dari hasil tersebut dapat diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran yang menggunakan model Learning Cycle lebik baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi tabung kelas IX di MTsN Model Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Ikhsan, M. Pd ; NIP. 19640722 198903 1 002; 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag,. M.Pd ; NIP. 19790328 200604 2 003
Uncontrolled Keywords: Model “Learning Cycle”, Materi Tabung
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 269 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 03:50
Last Modified: 06 Sep 2017 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item
TOP