Peran Stakeholder Ekternal dan Stakeholder Internal dalam Membina Shalat Berjamaah di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sawang Aceh Selatan

Cut Haryani Ulva, 140201192 (2018) Peran Stakeholder Ekternal dan Stakeholder Internal dalam Membina Shalat Berjamaah di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sawang Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peran Stakeholder]
Preview
Text (Membahas tentang Peran Stakeholder)
Cut Haryani Ulva.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Peran Stakeholder]
Preview
Text (Membahas tentang Peran Stakeholder)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (868kB) | Preview

Abstract

Ibadah shalat merupakan ibadah yang paling utama yang diwajibkan kepada seluruh umat Islam yang sudah mencapai usia baligh. Proses pembinaan shalat dianjurkan sejak usia dini (anak-anak) oleh keluarganya. Hal ini dikarenakan keluarga adalah lingkungan pertama yang bertanggung jawab untuk mendidik seorang anak. Selain di dalam keluarga, sekolah sebagai lingkungan pendidikan kedua juga menerapkan ibadah shalat secara berjamaah seperti yang dilakukan di SMP Negeri 1 Sawang yang bertujuan untuk melatih para siswa agar terbiasa melaksanakan shalat secara berjamaah baik di sekolah maupun di luar sekolah. Akan tetapi hasilnya belum maksimal, sehingga masih ada diantara siswa tidak mengikuti shalat berjamaah tersebut. Sehubung dengan hal ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Peran Stakeholder Eksternal dan Stakeholder Internal dalam Membina Shalat Berjamaah di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sawang Aceh Selatan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran stakeholder eksternal khususnya komite sekolah dan stakeholder internal khususnya kepala sekolah dan guru PAI dalam membina shalat berjamaah pada kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sawang. Kemudian peneliti juga ingin mengetahui faktor penyebab siswa tidak melaksanakan shalat berjamaah. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 7-8 November 2017 setelah penulis mengadakan observasi pada tanggal 9-10 Oktober 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa shalat berjamaah dilaksanakan setiap hari yaitu pada waktu dhuhur kecuali hari Jum’at dan Sabtu, guru-guru dan kepala sekolah menjadi imam secara bergantian. Namun, ada beberapa kendala yang menjadi penyebab siswa tidak melaksanakan shalat berjamaah diantaranya fasilitas yang tidak memadai, kesadaran siswa yang masih kurang akan pentingnya shalat berjamaah, tidak semua guru ikut serta dalam pelaksanaan shalat berjamaah tersebut, belum maksimalnya pembinaan yang diterapkan oleh komite sekolah karena komite sekolah tidak pernah mengikuti shalat berjamaah bersama siswa di SMP Negeri 1 Sawang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, S.Ag, M. Ag 2. Abdul Haris Hasmar, S. Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Membina, Shalat Berjamaah, kelas VIII-1
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat > 2X4.123 Shalat Jama'ah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cut Haryani Ulva
Date Deposited: 14 Dec 2018 07:45
Last Modified: 14 Dec 2018 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6049

Actions (login required)

View Item
View Item