Rizvita, 140208011 (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square pada Materi Sistem Koloid di MAN Langsa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Rizvita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas siswa pada materi sistem koloid melalui model pembelajaran Word Square di MAN 1 Langsa, (2) mengetahui respon siswa melalui penerapan model pembelajaran Word Square pada materi sistem koloid di MAN 1 Langsa, (3) mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Word Square pada materi sistem koloid di MAN 1 Langsa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-experimental One Group Pre-test dan Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Langsa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA2 yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa, respon siswa, dan pemberian soal tes yang berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan Essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase aktivitas siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Word Square 79% dan mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Word Square menjadi 85% termasuk kategori sangat tinggi. (2) Respon siswa sangat termotivasi terhadap model pembelajaran Word Square dengan persentase 80,95% tergolong positif. (3) Berdasarkan pada taraf signifikan α = 0,05 taraf kepercayaan 0,95, dan derajat kebebasan (dk) = 29. Hasil dari uji-t diperoleh thitung = 5,34dan ttabel = 1,699 maka thitung > ttabel. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Word Square pada materi sistem koloid di MAN 1 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Ramli Abdullah, M.Pd; 2. Anjar Purba Asmara, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran, Aktivitas Siswa, Respon Siswa, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rizvita Jamilah |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 10:17 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 10:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6273 |