Wahid Mulli Nur Wijaya, 261324595 (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Wahid Mulli Nur Wijaya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dapat digunakan guru untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Creative Problem Solving yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Creative Problem Solving yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas tahap investigasi awal, tahap perancangan dan tahap penilaian. Pada tahap investigasi awal dilakukan dengan menganalisis kurikulum, karakteristik peserta didik dan analisis ketersediaan perangkat pembelajaran. Tahap perancangan dilakukan setelah mendapat data dari hasil investigasi awal. Terakhir tahap penilaian, tahap ini dilakukan untuk melihat kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang sudah dilakukan. Kevalidan dilihat dari hasil validasi oleh para validator dan kepraktisan dilihat dari hasil respons guru terhadap perangkat yang dikembangkan. Perangkat yang di kembangkan dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Materi Ajar/Bahan Ajar, Lembar Evaluasi. Hasil validasi perangkat pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa layak dikatakan valid dan praktis. Dengan hasil rata-rata skor untuk RPP adalah 4,26, skor rata-rata Materi Ajar/Bahan Ajar adalah 4,21, skor rata-rata LKPD adalah 4,63, dan skor rata-rata Lembar Evaluasi adalah 4,28. Sehingga dapat di simpulkan bahwa perangkat yang di kembang valid. Selanjutnya kepraktisan terlihat dari analisis respon dua orang guru didapat rata-ratanya adalah 4,57 dengan kriteria sangat baik sehingga perangkat yang dikembangkan dikatakan praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M. Kes 2. Khairatul Ulya, S. Pd. I, M.Ed |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Creative Problem Solving (CPS), Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Wahid Mulli Nur Wijaya |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 09:05 |
Last Modified: | 28 Jan 2019 09:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6338 |