Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Usaha dan Energi Di MAN 1 Aceh Selatan

Amelia Fatma, Fatma (2018) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Usaha dan Energi Di MAN 1 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Usaha dan Energi]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Usaha dan Energi)
Amelia Fatma.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang berjalan selama ini hanya sebagian peserta didik yang ikut langsung dan tertarik dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi di MAN 1 Aceh Selatan. Model inkuiri terbimbing ini merupakan salah satu solusi yang dapat melibatkan secara langsung proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen (X IPAb) dan kelas kontrol (X IPAa). Data dikumpulkan melalui soal tes dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dan data lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik thitung > ttabel yaitu 3,82 > 1,68. Hasil keterampilan proses sains peserta didik rata-rata80% telah mampu menyelesaikan persoalan keterampilan proses sains, sedangkan lembar observasi mendapatkan nilai rata-rata 3 dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains pada materi usaha dan energi dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Amelia Fatma
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:02
Last Modified: 14 Feb 2019 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item
View Item