Pengawasan Guru Bimbingan Konseling dalam Peningkatan Disiplin Siswa di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar.

Asma Nurifah, 271222953 (2018) Pengawasan Guru Bimbingan Konseling dalam Peningkatan Disiplin Siswa di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengawasan Guru Bimbingan Konseling]
Preview
Text (Membahas tentang Pengawasan Guru Bimbingan Konseling)
Asma Nurifah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengawasan Guru Bimbingan Konseling]
Preview
Text (Membahas tentang Pengawasan Guru Bimbingan Konseling)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (996kB) | Preview

Abstract

Sekolah adalah sebuah tempat berkumpulnya suatu komunitas yang berhubungan dengan proses pendidikan. Disitulah terjadi begitu banyak proses interaksi, terkadang bisa menimbulkan masalah ataupun prestasi. Maka dari itu diperlukan adanya peran guru, khususnya guru bimbingan konseling untuk membantu meningkatkan kedisiplinan siswa, yang sekaligus menjadi alat pengendali perilaku siswa yang dianggap masih menyimpang sehingga siswa menjadi disiplin dalam hal belajar ataupun yang lainnya. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui kinerja guru bimbingan konseling dalam peningkatkan disiplinan siswa di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar dan untuk mengetahui kendala dan solusi guru bimbingan konseling dalam pengawasan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru ppkn dan guru bimbingan konseling. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kinerja guru bimbingan konseling berdasarkan kegiatan layanan yang diberikan kepada siswa sudah baik. Namaun siswa masih kurang disiplin, hal ini dipengaruhi oleh kurangnya dukungan orang tua dan orang tua belum mengerti pentingnya peningkatan kedisiplinan siswa, pengaruh lingkungan yang dihadapi siswa kurang ada keinginan dan kemauan untuk disiplin. Kendala guru bimbingan konseling dalam pengawasan kedisiplinan siswa yaitu tidak ada ruangan khusus untuk bimbingan konseling, kurangnya bimbingan dan pengawasan dari orang tua, pengaruh lingkungan dan kemauan dari diri siswa kurang. Solusi guru bimbingan konseling untuk meningkatkan disiplin yaitu: siswa harus diberikan sanksi, diberikan teguran kepada siswa yang telat disekolah atau melanggar tata tertip sekolah, atau diberikan surat panggilan kepada orang tua, diberikan bimbingan dan orang tua siswa harus mengerti pentingnya kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Jamaliah Hasballah, MA 2. Mumtazul Fikri, MA
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Guru, Bimbingan Konseling, Peningkatan Disiplin Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asma Nurifah
Date Deposited: 19 Feb 2019 03:03
Last Modified: 19 Feb 2019 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item
View Item