Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compoisition (CIRC) dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Nurul Fadhillah, 140209134 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compoisition (CIRC) dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model CIRC dengan Media Gambar]
Preview
Text (Membahas tentang Model CIRC dengan Media Gambar)
Nurul Fadhillah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model CIRC dengan Media Gambar]
Preview
Text (Membahas tentang Model CIRC dengan Media Gambar)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model dan media yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat meningkatkan sikap ilmiahsiswa. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Untuk itu perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan dapat menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran. Salah satu model dan media yang digunakan secara bersamaan adalah model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dan media gambar.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahuai sikap ilmiah siswa dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dan media gambar, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dan media gambar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek siswa kelas IVa dan kelas IVb MIN 3 Aceh Besar tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari kelas IVA 32 siswa sedangkan kelas IVB 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket , soal Pretest dan postest. Hasil belajar siswa dianalisisdengan menggunakan uji t sedangkan angket sikap ilmiah siswa menggunakan rumus persentase.Hasil analisis data menyatakan bahwa nilai thitung > ttabel, yaitu 4,99>1,67. Oleh karena itu Ho ditolak sedangkanHaditerima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compoisition(CIRC) dengan media gambar dapat mempengaruhi (meningkatkan) hasil belajar siswa pada materi keberagaman budaya bangsaku. Disamping itu berdasarkan angket sikap ilmah yang dibagikan kepada siswa terhadap penerapan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) didapati bahwasikapsangat tidak setuju (STS) = 13,5% , tidak setuju (TS) = 20,7%, setuju (S) = 33,4%, dan sangat setuju (SS)= 32,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compoisition(CIRC) dan media gambar dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Ridhwan M. Daud, M.Ed 2. Irwandi, S.Pd.I,. MA
Uncontrolled Keywords: CIRC, Media Gambar, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Fadhillah
Date Deposited: 18 Feb 2019 10:26
Last Modified: 18 Feb 2019 10:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6513

Actions (login required)

View Item
View Item