Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Strukturan Model Think Pair Share (TPS) dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Siem

Subhan Fajri, 210615881 (2013) Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Strukturan Model Think Pair Share (TPS) dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Siem. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Cooperative Learning]
Preview
Text (Penerapan Metode Cooperative Learning)
Subhan Fajri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Penerapan Metode Cooperative Learning]
Preview
Text (Penerapan Metode Cooperative Learning)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu pemikiran tentang pembaharuan pembelajaran tingkat Sekolah Dasar, terutama di SD Negeri Siem yang pada realitanya muncul beberapa masalah dalam pembelajaran, di antaranya siswa kurang kreatif dalam belajar, sehingga prestasi belajar yang diperoleh relatif rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru perlu mengembangkan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi dan kreatifitas belajar peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan guna membantu guru dalam meningkatkan prestasi dan kreatifitas peserta didik adalah metode cooperative learning tipe Struktural model Think Pair Sahre (TPS) atau belajar dalam kelompok diskusi dengan saling berbagi. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode cooperative learning dalam mata pelajaran SKI dengan rumusan masalah “Apakah penerapan metode cooperative learning tipe struktural model Think Pair Share dapat meningkatkan pretasi belajar siswa kelas V di SD Neg. Siem Kec. Darussalam, Kab. Aceh Besar”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes berupa lembar observasi dan lembar soal tes awal dan tes akhir untuk setiap kelas. Analisis data dengan uji statistik dengan rumus distribusi student t sampel independen yang melibatkan dua populasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa pada kelas ekperimen dengan menerapkan metode Cooperative Learning lebih meningkat daripada kelas kontrol berdasarkan hasil uji thitung = 4,95 yang tidak berada dalam daerah penerimaan Ho antara -2,05 dan 2,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis akhir (Ha) diterima. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe strukturan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Siem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Fuad Mardhatillah, MA 2. Dra. Safrina Ariani, MA
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Learning Tipe Strukturan Model Think Pair Share (TPS)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Fajri
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:07
Last Modified: 20 Feb 2019 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6553

Actions (login required)

View Item
View Item