Efektifitas Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kelas XI SMA Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat

Arief Pratama, 291121689 (2016) Efektifitas Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kelas XI SMA Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pemanfaatan laboratorium dalam pembelajarn kimia.]
Preview
Text (Membahas tentang pemanfaatan laboratorium dalam pembelajarn kimia.)
Arief Pratama.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul Efektifitas Pemanfaatan Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kelas XI SMA Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengamati bagaimana efektifitas hasil belajar dari pemanfaatan laboratorium kimia dalam pembelajaran kimia pada materi laju reaksi di SMA Kawai XVI dan bagaimana respon siswa terhadap pemanfaatan laboratorium kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa melalui pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 60 orang siswa. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA 2 masing-masing 30 orang. Cara pengambilan sampelnya dengan cara Random Sampling yaitu dengan pengambilan sampel secara acak di SMA Kaway XVI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelas yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian di peroleh melalui tes dan angket. Respon siswa dengan pembelajaran di laboratorium pada materi laju reaksi menghasilkan nilai rata-rata yang menjawab tidak setuju adalah 13,33%, sedangkan yang menjawab setuju sebanyak 87,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa setuju dalam proses pembelajaran dengan pemanfaatan laboratorium pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Hasil belajar siswa yang di belajarkan di laboratorium lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan laboratorium dalam pembelajaran kimia pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Hal ini dibuktikan dengan uji-t yaitu thitung ≥ ttabel atau 5,25 ≥ 2,00. Dengan demikian H0 ditolak dan terjadi penerimaan Ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar Amsal,M.Pd; NIP. 196806011995031004; 2. Ir. Amna Emda,M.Pd; NIP. 19680709199102002
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Laboratorium, Respon Siswa, Laju Reaksi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2017 03:13
Last Modified: 14 Sep 2017 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item
View Item