Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Geometri melalui Pembelajaran Mind Mapping

Ade Nurma Handayani, 261222886 (2018) Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Geometri melalui Pembelajaran Mind Mapping. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kemampuan Berpikir Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Kemampuan Berpikir Siswa)
Ade Nurma Handayani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Kemampuan Berpikir Siswa] Text (Membahas tentang Kemampuan Berpikir Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (451kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa pada saat ini masih rendah, padahal kemampuan tersebut sangat diperlukan agar peserta didik dapat memilki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi. Pembelajaran matematika yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis adalah pembelajaran yang memberikan keleluasaan berpikir kepada siswa, salah satu materi pembelara matematika yang dianggap sulit adalah geometri. Mengingat pentingnya materi geometri, maka konsep geometri perlu dipahami secara benar oleh siswa. Untuk itu, perlu dicari jalan penyelesaian dalam mengelola proses belajar mengajar matematika yang dapat dicerna dengan baik oleh siswa dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan berdasarkan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil berpikir kritis siswa pada materi geometri melalui model pembelajaran mind mapping. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 3 orang yaitu siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh. Data hasil penelitian diperoleh dari jawaban tertulis subjek penelitian yaitu tes berpikir kritis matematika (TBKM) dan hasil wawancara. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat berdasarkan ketercapaian indikator berpikir kitis matematika. Kemampuan berpikir kritis siswa yang diteliti sebagai berikut, Kemampuan berpikir kritis subjek 1 soal 1 yaitu berada di tingkat 2, yaitu memenuhi empat indikator. Kemampuan berpikir kritis subjek 1 soal 2 berada ditingkat 2, yaitu memenuhi empat indikator. kemampuan berpikir kritis subjek 1 soal 3 berada ditingkat 2, yaitu memenuhi empat indikator. Kemampuan berpikir kritis subjek 2 soal 1 berada ditingkat 3, yaitu memenuhi lima indikator. Kemampuan berpikir kritis subjek 2 soal 2 berada ditingkat 3, yaitu memenuhi lima indikator. Kemampuan berpikir kritis subjek 2 soal 3 berada ditingkat 3, yaitu memenuhi lima indikator. Kemampuan berpikir kritis subjek 3 soal 1 berada ditingkat 3, yaitu memenuhi lima indikator. Kemampuan berpikir kritis subjek 3 soal 2 berada ditingkat 3, yaitu memenuhi lima indikator. Kemampuan berpikir kritis subjek 3 soal 3 berada ditingkat 3, yaitu memenuhi lima indikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M.Kes; 2. Aiyub, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Geometri, Mind Mapping
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ade Nurma Handayani
Date Deposited: 22 Apr 2019 08:52
Last Modified: 22 Apr 2019 08:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7183

Actions (login required)

View Item
View Item