Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs

Devi Desriati, 140205074 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of skripsi (word gabungan)]
Preview
Text (skripsi (word gabungan))
SKRIPSI (WORD GABUNGAN).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of FORM B.pdf]
Preview
Text
FORM B.pdf

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM D.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting, karena melalui pemahaman konsep siswa dapat mengorganisasi dan mengaplikasikan pemahaman konsep yang telah diperolehnya. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Karena rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP/MTs setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Teaching dan mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP/MTs dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII MTsN 2 Pidie tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel diambil secara sampling random yaitu siswa kelas VIIA yang terdiri dari 21 siswa dan VIIB yang terdiri dari 22 siswa. Dengan hasil penelitian digunakanlah statistik uji-t dengan taraf signifikan α=0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP/MTs dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd 2. Suhartati, S,Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Devi Desriati
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:16
Last Modified: 24 Apr 2019 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7256

Actions (login required)

View Item
View Item