Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Fisika pada Ujian Semester Genap Kelas XI Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMAN 16 Banda Aceh

Miftahul Jannah, 140204139 (2019) Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Fisika pada Ujian Semester Genap Kelas XI Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMAN 16 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Analisis Butir Soal]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Butir Soal)
Miftahul Jannah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Analisis Butir Soal]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Butir Soal)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (444kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nama : Miftahul Jannah
Nim : 140204139
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan
Fisika
Judul : Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Fisika pada Ujian Semester Genap Kelas XI Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMAN 16 Banda Aceh

Tebal Skripsi : 59 Halaman
Pembimbing I : Dr. Mursal, M.Si.
Pembimbing II : Hafizul Furqan, M.Pd.
Kata Kunci : Analisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Pengecoh (Distraktor)

Evaluasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur proses belajar mengajar peserta didik. Soal ujian yang digunakan sebagai alat ukur harus mampu memberikan informasi yang akurat terhadap kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal. Penelitian ini bersifat deskriptif kuntitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Item Analysis Question (IAQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai validitas, untuk soal pilihan ganda memiliki 5 butir (25%) soal yang valid dan 15 butir (75%) soal tidak valid. (2) Nilai reliabilitas, untuk soal pilihan ganda memiliki nilai koefisien -0,040 dan soal uraian memiliki nilai koefisien 0,280. (3) Nilai tingkat kesukaran, untuk soal pilihan ganda diperoleh soal yang mudah 0 (0%), sedang 7 butir (35%), dan sukar 13 butir (65%). Soal uraian diperoleh soal yang mudah 2 butir (40%), sedang 1 butir (20%), dan sukar 2 butir (40%). (4) Nilai daya pembeda, untuk soal pilihan ganda diperoleh soal yang lemah 11 butir (55%), cukup 6 butir (30%), dan baik 3 butir (15%). Soal uraian diperoleh soal yang lemah 2 butir (40%), cukup 1 butir (20%), dan baik 2 butir (40%). (5) Nilai pengecoh, diperoleh soal yang sangat baik 10 butir (50%), baik 8 butir (40%), dan kurang baik 2 butir (20%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih ada soal-soal yang belum valid atau tidak memenuhi kriteria. Soal yang sudah memenuhi kriteria dapat dijadikan sebagai bank soal dan soal yang belum memenuhi kriteria dapat ditindak lanjutkan guna memperoleh soal yang bermutu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Mursal, M.Si. 2. Hafizul Furqan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Pengecoh (Distraktor)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Miftahul Jannah Ismail
Date Deposited: 30 Apr 2019 03:01
Last Modified: 30 Apr 2019 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7459

Actions (login required)

View Item
View Item