Profil Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent

Ninda Safira, 140205182 (2019) Profil Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text
Ninda Safira.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematika merupakan proses yang esensial dalam pembelajaran matematika, karena melalui komunikasi siswa merenungkan, memperjelas, dan memperluas ide dan pemahaman mereka tentang hubungan dan argumen matematika. Selain itu, kemampuan Komunikasi mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan kemampuan matematik yang lainnya. Aktivitas komunikasi matematis siswa dalam pemecahan masalah dipengaruhi oleh gaya kognitif. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian adalah (1) Bagaimana profil komunikasi matematis siswa yang bergaya kognitif Field Independent? dan (2) Bagaimana profil komunikasi matematis siswa yang bergaya kognitif Field Dependent? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendapatkan profil komunikasi matematis siswa yang bergaya kognitif Field Indpendent dan (2) Untuk mendapatkan profil komunikasi matematis siswa yang bergaya kognitif Field Dependent. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari dua siswa kelas XI IPA 2 MAN 1 Banda Aceh semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Data dikumpulkan melalui lembar tugas komunikasi matematis dalam memecahkan masalah, wawancara dan rekaman. Kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) subjek Field Independent (FI) dalam mengidentifikasi masalah dengan menceritakan soal dengan menggunakan bahasa sendiri, menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal dan menuliskan pada lembar jawabannya. Subjek juga membuat pemisalan terlebih dahulu dengan variabelvariabel tertentu, kemudian subjek menyusunnya ke dalam model matematika dan Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek menggunakan metode gabungan untuk menyelesaikan masalah SPLTV. (2) Subjek Field Dependent (FD) dalam mengidentifkasi soal yaitu subjek menceritakan kembali soal yang telah dibacakan dengan menggunakan bahasa sendiri. Subjek menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan bahasa sendiri dan menuliskan pada lembar jawabannya. Subjek membuat pemisalan untuk nilai yang belum dikatehui ke dalam varibel tertentu. Kemudian subjek menyusunnya ke dalam model matematika dan pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek memiliki dua jenis alternatif penyelesaian, yaitu menggunakan metode sarrus dan metode gabungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ninda Safira
Date Deposited: 16 May 2019 04:27
Last Modified: 16 May 2019 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item View Item
TOP