Penerapan Model Roles (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) yang Diiringi Pemberian Reward dalam Pembelajaran Matematika Trhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika Kelas VII MTsS Darussyariah Banda Aceh

Rizki Zahara, 261222916 (2016) Penerapan Model Roles (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) yang Diiringi Pemberian Reward dalam Pembelajaran Matematika Trhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika Kelas VII MTsS Darussyariah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang model Roles yang diiringi pemberian Reward dalam pembelajaran matematika)
Rizki Zahara.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya terkait kualitas model pembelajaran yang cenderung monoton. Hal ini terbukti ketika diberikan soal yang sedikit berbeda siswa tidak mampu menyelesaikannya. Begitu juga pada saat guru memberikan latihan, kebanyakan siswa hanya menunggu jawaban dari teman yang lebih mampu. Siswa kurang berani untuk menanyakan apa yang belum mereka pahami sebelum menyelesaikan sendiri soal latihan tersebut. Sehingga pada saat kegiatan belajar mengajar, masih banyak siswa yang was-was, merasa takut, bahkan mengeluh ketika siswa hendak memulai pelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan model ROPES yang diiringi pemberian rewards. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ROPES lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran ROPES pada materi statistika, (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (3) respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran, (4) kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi statistika. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian control group pretest-posttest design dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran (mixed methods design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Darussyariah Banda Aceh, dan sampel diambil secara Purposive Sampling yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 21 siswa dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Pengolahan data hasil tes siswa dianalisis dengan menggunakan software komputer, SPSS Versi 22. Data tes hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t dan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan dk = 39 diperoleh nilai signifikan uji-t satu pihak adalah nilai signifikan < 0,05 sehingga H_0 ditolak. Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa “hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran ROPES yang diiringi pemberian rewards lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Langsung pada materi Statistika kelas VII MTsS Darussyari’ah Banda Aceh”. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik, respon siswa terhadap model pembelajaran ROPES yang diiringi pemberian rewards termasuk dalam kategori sangat positif, dan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85,71 % termasuk kategori tuntas. Sedangkan hasil analisis kualitatif dilakukan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar dalam materi Statistika diantara lain kurang usaha untuk bertanya, kurang teliti dalam menyelesaikan soal, dan kurang menguasai materi prasyarat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd; NIP. 19640321198031003; 2. Khairatul Ulya, M. Ed; NIP. -
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ROPES, Statistika, Rewards
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:43
Last Modified: 20 Sep 2017 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item
TOP