Perbandingan Hasil Belajar siswa Menggunakan Berbasis Lingkungan dengan Media Internet dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri

Dara Desriana, 291223 275 (2016) Perbandingan Hasil Belajar siswa Menggunakan Berbasis Lingkungan dengan Media Internet dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan.]
Preview
Text (Membahas tentang perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan.)
Dara Desriana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Materi kimia merupakan materi yang dianggap sulit dipelajari oleh siswa. Oleh karena itu, perlu di cari cara pembelajaran yang memudahkan siswa untuk memahami materi kimia, misalnya menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran kimia konsep asam basa dapat dipelajari dengan menggunakan media berbasis lingkungan. Media berbasis lingkungan yaitu media dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam khususnya pada materi identifikasi asam basa menggunakan indikator alami. Kemudian menggunakan media internet, media internet yaitu media yang efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat dalam bentuk media elektronik. Sehingga dilakukan Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan Media Internet dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan siswa yang menggunakan media internet dalam pembelajaran asam basa pada kelas XI MAN Indrapuri. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA dengan jumlah 84 siswa MAN Indrapuri. Kemudian yang menjadi sampel yaitu kelas XI MIA-2 dan XI MIA-3 dengan jumlah 55 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar. Kemudian diolah menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikan = 0,05, dari hasil perhitungan diperoleh thitung ≤ ttabel atau 1,587 ≤ 2,006. Dengan kata lain H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan media internet dengan kelas yang menggunakan media berbasis lingkungan pada pembelajaran konsep Asam Basa di MAN Indrapuri Kabupaten Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd; NIP. 196806011995031004; 2. Djamaludin Husita, M.Si; NIP. 197406121999051001
Uncontrolled Keywords: Media Internet, Media Berbasis Lingkungan, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:38
Last Modified: 20 Sep 2017 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item
View Item