Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Media Audio Visual Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA 5 Banda Aceh pada Materi Virus

Mauliana, 281223141 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Media Audio Visual Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA 5 Banda Aceh pada Materi Virus. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Media Audio Visual.]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Media Audio Visual.)
Mauliana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran biologi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan model belajar dan media dalam pembelajaran. Mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dan media yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajarn kooperatif tipe two stay two stray dan media audio visual. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi virus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA 5 Banda Aceh yang berjumlah 5 kelas paralel dengan sampel siswa kelas X IPA3 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun kriteria kelas yang dijadikan sampel adalah kelas yang aktivitas dan hasil belajarnya lebih rendah dibandingkan kelas lain. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa tergolong sangat aktif dengan nilai 76,48%. Analisis hasil belajar diperoleh thitung> ttabel(10.99>1.703) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA 5 Banda Aceh pada materi virus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St; NIP. 195402231985032001; 2. Eriawati, M.Pd; NIP. 198111262009102003
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Media Audio Visual, Aktivitas belajar, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:47
Last Modified: 20 Sep 2017 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item
View Item