Mutia Rahmi, 140208133 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Mutia Rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (753kB) | Preview
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran kimia. Oleh karena itu diperlukan suatu pembelajaran yang menarik dan memudahkan siswa untuk memahami pelajaran, sehingga siswa berminat untuk belajar terutama belajar kimia. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Rumusan pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pada materi laju reaksi di SMA Negeri 12 Banda Aceh ? (2) Bagaimana aktivitas siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi laju reaksi diSMA Negeri 12 Banda Aceh? (3) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi laju reaksi diSMA Negeri 12 Banda Aceh?. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah pre-ekprerimen dengan desain one grup pre-test post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test, observasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil analisis uji korelasi pada signifikan 0,05 t hitung =18,441 dan t tabel = 2,074 karena 18,441≥ 2,074 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Hasil perolehan data aktivitas siswa selama 3 kali pertemuan yaitu 93,84%, 94,48% dan 98,21%, menunjukan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan (3) hasil analisis respon siswa didapatkan 2,92% siswa sangat tidak setuju, 19,60% siswa tidak setuju, 60% siswa setuju dan 17,50 % siswa sangat setuju. Sehigga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terdahap hasil belajar siswa, aktivita siswa dan minat belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1:Dr. Mujakir,M.Pd.Si 2.Hayatuz Zakiyah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model PBL, Laju Reaksi, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms Mutia Rahmi |
Date Deposited: | 29 May 2019 02:48 |
Last Modified: | 29 May 2019 02:48 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8084 |