Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI) Model Simulasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di MTsN 8 Aceh Besar

Deviana Fandirawati, 140207014 (2019) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI) Model Simulasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di MTsN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Form B dan Form D - Deviana Fandirawati.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D - Deviana Fandirawati.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI)]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI))
Skripsi Full _ Deviana Fandirawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran di kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar masih belum maksimal dengan materi yang diajarkan, sedangkan sarana TI sudah tersedia dengan lengkap. Siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami materi, khususnya materi yang bersifat abstrak. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran, yaitu menggunakan media belajar berbasis Teknologi Informasi (TI) model simulasi, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan hasil belajar terhadap pembelajaran sistem pencernaan manusia dengan menggunakan media belajar berbasis Teknologi Informasi (TI) model simulasi. Penelitian dilaksanakan di MTsN 8 Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar dan sampelnya adalah kelas VIII2 yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kriteria tingkat kemampuannya sedang dan tidak termasuk kelas unggul atau kelas inti. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimen dengan desain one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes (pretest dan posttest). Analisis respon siswa menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media berbasis Teknologi Informasi (TI) model simulasi diperoleh rata-rata persentase yaitu 81,5% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pretest 37,73, nilai posttest 77,6, dan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media berbasis Teknologi Informasi (TI) model simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII MTsN 8 Aceh Besar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran berbasis TI model simulasi, Hasil Belajar, Respon Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St 2. Nafisah Hanim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran berbasis TI model simulasi, Hasil Belajar, Respon Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Deviana Fandirawati
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:52
Last Modified: 13 Jun 2019 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8141

Actions (login required)

View Item
View Item