Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII pada Materi Rangkaian Arus Searah di MAN 6 Aceh Besar

Aidianur Munira, 140204127 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII pada Materi Rangkaian Arus Searah di MAN 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran Advance Organizer]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran Advance Organizer)
Aidianur Munira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran Advance Organizer]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran Advance Organizer)
Form B dan Form D.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview

Abstract

Rendahnya nilai peserta didik dikarenakan pendidik masih menggunakan metode konvensional membuat peserta didik kurangnya minat yang menjadi permasalahan utama di MAN 6 Aceh Besar. Advance Organizer adalah suatu model pembelajaran sebagai solusi pada permasalahan tersebut yang tujuannya untuk melihat pengaruh hasil belajar pada materi rangkaian arus searah peserta didik kelas XII. Desain penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang melibatkan dua kelas yaitu XII MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XII MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes Pretest dan Post-test berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal. Instrumen angket minat peserta didik dinyatakan dalam bentuk pernyataan sebanyak 10 butir. Analisis uji regresi pembelajaran menggunakan model Advance Organizer, maka rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 32,34 dan koefisian regresi penggunaan model Advance Organizer sebesar 0,97, hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu konstanta pada penggunaan model Advance Organizer akan meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 0,97. Persentase minat peserta didik terhadap model pembelajaran Advance Organizer dari 10 pernyataan seluruhnya kategori tinggi, persentase dengan nilai paling rendah pada pernyataan 2 yaitu 76%, persentase pada pernyataan 1, 6, dan 7 sama yaitu 79%, persentase paling tinggi yaitu pernyataan 5 yaitu 86%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra Ida Meutiawati, M.Pd 2. Nurhayati, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Advance Organizer, Listrik Statis, Rangkaian Arus Searah, Minat, Hasil belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Aidianur Munira Aidia
Date Deposited: 23 Dec 2019 07:22
Last Modified: 23 Dec 2019 07:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8217

Actions (login required)

View Item
View Item