Pengaruh Pendekatan Mastery Learning dengan Pola Kelompok Remedial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fluida Statis di Kelas X SMAN 1 Meukek Aceh Selatan

Rika Rahmayani, 251324464 (2018) Pengaruh Pendekatan Mastery Learning dengan Pola Kelompok Remedial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fluida Statis di Kelas X SMAN 1 Meukek Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh  Pendekatan Mastery  Learning dengan  Pola Kelompok  Remedial  untuk  Meningkatkan  Hasil Belajar Peserta  Didik]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Mastery Learning dengan Pola Kelompok Remedial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik)
RIKA RAHMAYANI 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPA fisika khususnya materi fluida statis di SMAN 1 Meukek, ditemukan bahwa ternyata hasil belajar fisika cenderung belum memuaskan. Fakta ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi nilai peserta didik dari tahun 2014- 2016 setiap tahunnya mengalami naik turun, pada tahun 2014 semester I nilai rata-rata peserta didik adalah 73,00%, semester II mengalami kenaikan menjadi 75,25%. Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut, salah satu diantaranya adalah penggunaan metode pembelajaran yang lebih bersifat hafalan dan kurangnya motivasi peserta didik. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah pendekatan pembelajaran Mastery Learning dengan pola kelompok remedial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Mastery Learning dengan pola kelompok remedial terhadap hasil belajar dan respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, yang melibatkan kelas X MIPA 3, X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan pola remedial per masing-masing kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket . Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji one way anova dan data dari hasil respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa Fhitung  Ftabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rika Rahmayani
Date Deposited: 19 Jun 2019 08:31
Last Modified: 19 Jun 2019 08:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8228

Actions (login required)

View Item
View Item