Penerapan Pendekatan Pembelajaran Starter Eksperimen (PSE) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis di MAS Darul Hikmah Kahju Aceh Besar

Novi Nazriati, 140204020 (2019) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Starter Eksperimen (PSE) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis di MAS Darul Hikmah Kahju Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada materi fluida statis di kelas XI MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Starter Eksperimen; 2) Mengetahui respon siswa te]
Preview
Text (membahas ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada materi fluida statis di kelas XI MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Starter Eksperimen; 2) Mengetahui respon siswa te)
NOVI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FORM B FORM D PDF.pdf]
Preview
Text
FORM B FORM D PDF.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika dapat disebabkan oleh siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan kurang efektif. Oleh karena itu, penulis telah melakukan penelitian yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada materi fluida statis di kelas XI MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Starter Eksperimen; 2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran starter eksperimen pada materi fluida statis di kelas XI MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen jenis one group pretest-posttest design dan sample yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh yaitu kelas XI IPA yang terdiri dari 17 siswa. Dari data yang diperoleh dari pretest dan posttest dan angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 27,50 > 1,746. Selain itu, pembelajaran dengan pendekatan starter eksperimen juga mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa, dengan persentase sangat setuju mencapai 39,70% dan setuju 45,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan starter eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada materi fluida statis di kelas XI MAS Darul Hikmah Kajhu Aceh besar dan mendapatkan respon yang positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Bukhari, S.Si., M.T. 2. Muhammad Nasir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan starter eksperimen, Kemampuan Berpikir Kritis siswa, Materi Fluida Statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Novi Nazriati
Date Deposited: 25 Dec 2019 10:19
Last Modified: 25 Dec 2019 10:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item
View Item