Penerapan Pendekatan Resource Based Learning Dengan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa di SMPN 4 Meurah Mulia

Putri Safri Nanda Fhonna, 140205082 (2019) Penerapan Pendekatan Resource Based Learning Dengan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa di SMPN 4 Meurah Mulia. Skripsi thesis, UIN Ar.Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pendekatan pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang pendekatan pembelajaran)
PUTRI SAFRI NANDA FHONNA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Berpikir kritis merupakan hal yang harus dikembangkan dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Namun berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis pada siswa SMPN diperoleh hanya 53% siswa dapat mengerjakan soal intepretasi, 12% siswa dapat mengerjakan soal analisis, 23% siswa dapat mengerjakan soal evaluasi dan 12% siswa dapat mengerjakan soal inferensi. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih kurang .Salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah pendekatan pembelajaran Resource Based Learning. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui penerapan pendekatan Resource Based Learning dengan multimedia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa di SMPN 4 Meurah Mulia, dan mengetahui kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajarkan melalui pendekatan Resource Based Learning dengan multimedia lebih tinggi daripada yang diajarkan melalui pendekatan konvensional di SMPN 4 Meurah Mulia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Meurah Mulia. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIb sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Dengan hasil penelitian digunakanlah statistik uji-t dengan taraf signifikan ∝=0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Resource Based Learning dapat meningkatkan kemamuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar dengan pedekatan pembelajaran Resource Based Learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr.H. Nuralam, M.Pd 2. Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Curriculum, KTSP, K13
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Safri Nanda Fhonna Putri
Date Deposited: 26 Jun 2019 01:35
Last Modified: 26 Jun 2019 01:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8337

Actions (login required)

View Item
View Item