Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Literasi Sains Siswa di MTsN 2 Aceh Barat

Putri nisrina yanti, 140204005 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Literasi Sains Siswa di MTsN 2 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa di MTsN 2 Aceh Barat dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing di MTsN 2 Aceh Barat.]
Preview
Text (membahas pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa di MTsN 2 Aceh Barat dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing di MTsN 2 Aceh Barat.)
Skripsi - Putri Nisrina Yanti-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurangnya kreativitas guru tentang model pembelajaran merupakan salah satu permasalahan yang serius. Model pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi fisika dan siswa MTsN 2 Aceh Barat, dapat diketahui bahwa siswa kurang berminat dalam pembelajaran fisika disebabkan karena guru hanya menyampaikan materi yang ada dibuku paket tanpa mengaitkannya dengan lingkungan sekitar dan tidak didukung oleh eksperimen. Akibatnya, sebagian besar dari siswa tidak mencapai nilai KKM. Hal ini meyakinkan penulis untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains siswa di MTsN 2 Aceh Barat. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa di MTsN 2 Aceh Barat dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing di MTsN 2 Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi eksperimental design. Instrumen yang penulis gunakan pada penelitian ini yaitu lembar tes dan angket respon siswa. Lembar tes dianalisis melalui uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 7,86 > 2,00172 berarti berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dan nilai rata-rata yang diperoleh dari respons siswa yang menjawab “Ya” yaitu sebanyak 88,335% dan yang menjawab “Tidak” yaitu sebanyak 11,665%. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dapat mempengaruhi literasi sains siswa di MTsN 2 Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inquiri, Literasi, Sains
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Putri Nisrina Yanti Putri
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:31
Last Modified: 06 Nov 2019 07:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8427

Actions (login required)

View Item
View Item