Pengaruh Model Pembelajaran ROPES Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Di Kelas XI SMAN Unggul Darul Imarah Aceh Besar.

Riska Mutia, 140204199 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran ROPES Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Di Kelas XI SMAN Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran ROPES Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Di Kelas XI SMAN Unggul Darul Imarah Aceh Besar.]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran ROPES Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Di Kelas XI SMAN Unggul Darul Imarah Aceh Besar.)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit untuk dipahami peserta didik. Proses pembelajaran yang dilaksanakan masih menggunakan metode ceramah dan terpusat pada pendidik sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar yang didapat dari proses belajar peserta didik masih dibawah KKM yaitu masih dibawah nilai 75. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) pada materi kalor dan perpindahan kalor di kelas XI SMAN 1 Unggul Darul Imarah (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) di SMAN 1 Unggul Darul Imarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Noneequivalent Control Grup Design, yang melibatkan kelas kontrol XI MIPA2 yang berjumlah 25 peserta didik dan kelas eksperimen XI MIPA1 yang berjumlah 25 peserta didik. Setelah diberi perlakuan dengan model ROPES di kelas eksperimen didapatkan hasil yang berbeda dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hasil belajar peserta didik meningkat dilihat dari nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 77,66 dan nilai posttest kelas kontrol dengan nilai rata-rata 67 serta di uji dengan uji statistik (Uji t) bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 3,55 > 1,68 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran ROPES terhadap hasil belajar peserta didik. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran ROPES pada materi kalor dan perpindahan kalor adalah peserta didik lebih termotivasi dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Bahri, M.Pd 2. Rahmati M.Pd
Uncontrolled Keywords: ROPES , Kalor dan Perpindahan Kalor, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Riska Mutia Mutia
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:09
Last Modified: 04 Jul 2019 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8476

Actions (login required)

View Item
View Item