Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di MAN 1 Lhokseumawe

Ulfa Zahara, 140208035 (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di MAN 1 Lhokseumawe. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di MAN 1 Lhokseumawe]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di MAN 1 Lhokseumawe)
FULL ULFA ZAHARA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid di sekolah MAN 1 Lhokseumawe". Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Lhokseumawe yang terletak di kampung jawa lama. Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi koloid di sekolah MAN 1 Lhokseumawe, aktifitas siswa serta respon siswa terhadap model pembelajaran Two Stay Two Stray. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 dengan jumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes berbentuk pilihab ganda,lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada uji normalitas pada taraf signifikan α = 0,05 x^2hitung < x^2tabel yaitu-51,22608 < 7,81 sedangkan pada hasil uji t taraf signifikan α = 0,05 thitung > ttabel atau thitung = 4,79 dan ttabel = 1,699 yang menyatakan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TS-TS memperoleh kategori sangat baik dengan presentase rata-rata dari dua orang pengamat adalah 88,33 %. Serta siswa memiliki respon positif terhadap penerapan model Two Stay Two Stray memperoleh jumlah persentase 51,55% memilih alternatif jawaban “S” dan masuk dalam kategori tertarik. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum siswa senang dan berminat mengikuti pembelajaran dengan model pembelajran TS-TS pada materi Koloid. Selain itu terdapat 28,44% siswa yang memberikan respon negatif terhadap model pembelajaran ini dengan menuliskan check list pada alternatife jawaban “TS”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Ramli Abdullah, M.Pd 2. Anjar Purba Asmara, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Two Stay Two Stray, Koloid, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ulfa Zahara Ulfa
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:29
Last Modified: 04 Jul 2019 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item
View Item