Nurul Iski, 261324612 (2019) Penerapan Model Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Siswa MTs/ SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
NURUL ISKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (25MB) | Preview
Abstract
Komunikasi matematis sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini karena melalui komunikasi matematis, siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematikanya secara tulisan dan mengkomunikasikan pemahamannya kepada orang lain. Oleh sebab itu, kemampuan komunikasi matematis sangat perlu untuk dikembangkan. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu model pembelajaran Brain Based Learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Brain Based Learning, (2) untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Brain Based Learning dengan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Brain Based Learning dengan nilai rata-rata N-Gain nya 0,49 yang tergolong “sedang”, dan berdasarkan uji paired sampel t test diperoleh thitung > ttabel atau 9,03 > 1,72, hal ini berarti tolak H0 dan terima H1. Sehingga kemampuan komunikasi matematis meningkat secara signifikan (2) Berdasarkan uji t sampel independent nilai thitung > ttabel atau 3,2 > 1,67, hal ini berarti tolak H0 dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan dengan model Brain Based Learning lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional.