Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di MAN 5 Bireuen

Nurul Izzah, 140208139 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di MAN 5 Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here  Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar)
pdf upload repository.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa pada materi ikatan kimia adalah siswa merasa sulit memahami dan terlalu banyak rumus yang mereka kuasai. Hal ini menyebabkan minat belajar mata pelajaran kimia masih rendah. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada materi ikatan kimia di kelas X MAN 5 Bireuen? (2) Bagaimana respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada materi ikatan kimia di kelas X MAN 5 Bireuen? Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 5 Bireuen, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pemberian soal tes dan angket. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik uji-t dengan menggunakan bantuan software spss versi 20.0. Berdasarkan hasil analisis dari dua kelas diperoleh nilai perbandingan rata-rata posttest kelas ekserimen sebanyak 78.00 dan kelas kontrol sebanyak 62.3. Dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung>ttabel (11,785> 2,010). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikansi hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian persentase terhadap respon siswa menggunakan model Everyone Is A Teacher Here pada kelas eksperimen yang menjawab sangat setuju sebanyak 77.00 % dan yang menjawab tidak setuju sebanyak 23.00%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed 2. Asnaini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar dan Ikatan Kimia
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:38
Last Modified: 05 Jul 2019 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8603

Actions (login required)

View Item
View Item